BANGKIT BANGUN KOMPETENSI melalui MGMP

 


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu wadah yang disediakan bagi para guru mata pelajaran sejenis untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi dalam upaya peningkatan kinerja guru, dengan demikian peningkatan MGMP merupakan masalah yang sangat mendesak untuk menjadi perhatian dalam rangka menciptakan guru yang professional dan memiliki kinerja yang berkualitas.

Peran serta MGMP dalam proses peningkatan kinerja, maka dituntut untuk senantiasa melakukan berbagai terobosan-terobosan yang pada nantinya akan membangun pendidikan yang berkualitas agar kegiatan MGMP bermanfaat dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, hendaknya para anggota dilibatkan pada setiap tahapan kegiatan organisasi seperti tahap perencanaan program, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Namun menunjukkan bahwa para guru pada peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya hanya dilibatkan dan terlibat secara optimal pada tahap pelaksanaan aktivitas MGMP saja.

Kegiatan MGMP Fisika Kab. Kolaka Utara selama ini dirasakan belum efektif dalam membantu guru mengembangkan kompetensi. Keadaan ini disebabkan pengelolaan MGMP yang belum optimal. Kadang kala MGMP dibiarkan begitu saja tanpa perencanaan dan dukungan yang memadai. Keterlibatan para anggota MGMP juga masih kurang dalam menyusun program.

Guru tidak banyak dilibatkan pada tahap perencanaan seperti dalam penyusunan program maupun penetapan jadwal. Terlihat bahwa peranan pengurus lebih dominan dan penyusunan program ini juga tidak dilakukan melalui analisis kebutuhan guru. Begitu juga halnya pada tahap evaluasi, di mana guru hanya sebagai objek evaluasi, yaitu orang yang dievaluasi.

Kegiatan MGMP hanya mengandalkan pengurus dan guru inti yang dianggap mampu. Para anggota  tidak aktif mengikuti  MGMP karena kegiatan monoton, seperti  membuat soal, membuat RPP, atau hanya mengobrol. Tentunya sebagai guru mengeluh dengan model kegiatan MGMP seperti itu. Tidak ada perubahan yang mengarah pada peningkatan kompetensi guru. Dan akhirnya timbul niat untuk memecah dengan tujuan untuk mendekatkan guru dengan pusat kegiatan.

Kaitannya dengan hal tersebut di atas, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika  tingkat SMA Kab. Kolaka Utara sebagai organisasi guru mata pelajaran memiliki peran yang sangat strategis untuk meningkatkan kinerja guru Fisika di Kab. Kolaka Utara. Oleh karena itu penting untuk diaktifkan secara optimal bagaimana keberadaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika dalam mendorong peningkatan kinerja guru.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar