Tak terasa kita telah mempelajari modul 3.1. banyak pelajaran berharga yang dipetik dalam materi nilai dan peran guru penggerak serta pengalaman berharga dari rekan rekan guru hebat, pengajar praktik, fasilitator, dan Instruktur. Melalui jurnal dwi mingguan ini akan digambarkan pengalaman belajar yang saya alami selama mempelajari modul 3.1 yang akan disajikan dalam model 4F (Fact, Feelings, Findings, dan Future)
Fact (Peristiwa)
- Empat (4) paradigma dilema etika yaitu Individu lawan kelompok (individu vs komunitas), Rasa Keadilan lawan rasa kasihan (keadilan vs belas kasihan), Kebenaran lawan kesetiaan (kebenaran vs kesetiaan), Jangka Pendek lawan jangka panjang (jangka pendek vs jangka panjang).
- Tiga (3) Prinsip pengambilan keputusan yaknii Berpikir berbasis hasil akhir (Ends Based-Thingking); Berpikir berbasis peraturan (Rule Based-Thingking); Berpikir berbasis rasa peduli (Care Based -Thinking).
- Sembilan (9) langkah pengambilan dan pengambilan keputusan yaitu Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan; Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini; Kumpulkan fakta-fakta yang relevan; Pengujian benar atau salah; Pengujian paradigma bener lawan benar; Melakukan prinsip resolusi; Investigasi Opsi Trilema; Buat Keputusan; Tinjau lagi keputusan dan refleksikan.
Feelings (Perasaan)
Dalam mempelajari materi modul 3.1 ini, saya merasa sangat bersyukur mendapat tambahan ilmu dan pengalaman dalam pengambilan keputusan, yang tentunya semakin bijak dalam menentukan sebuah keputusan yang tepat dan berdasar pada langkah-langkah atau proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip dan pengujian keputusan.
Findings (Pembelajaran)
Dengan ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dalam mempelajari modul 3.1 semakin menambah rasa percaya diri dalam membuat suatu keputusan, di mana sebelumnya dalam mengambil sebuah keputusan seakan masih bingung dan terkadang masih muncul keraguan dalam hati akan keputusan yang saya ambil. Setelah mendalami konsep langkah-langkah pengambilan keputusan akhirnya semakin memperkuat dalam menentukan keputusan yang tepat terhadap kasus dilema etika.
Future (Penerapan)
Sebagai pendidik tentu dihadapkan berbagai permasalahan yang muncul, dengan bekal ilmu dan pengalaman selama mempelajari modul 3.1 ini, hal yang akan saya lakukan ke depan sebelum mengambil keputusan adalah dengan pendampingan/identifikasi kasus, apakah termasuk kasus dilema etika atau bujukan moral. selanjutnya Selanjtnya menetukan paradigma dan prinsip, serta langka pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil dapat berdampak positif bagi murid.
0 Komentar
Terima kasih atas kunjungannya
Emoji