Salam Bahagia untuk kita semua

Tak terasa kita telah mempelajari modul 3.1. banyak pelajaran berharga yang dipetik dalam materi nilai dan peran guru penggerak serta pengalaman berharga dari rekan rekan guru hebat, pengajar praktik, fasilitator, dan Instruktur. Melalui jurnal dwi mingguan ini akan digambarkan pengalaman belajar yang saya alami selama mempelajari modul 3.1 yang akan disajikan dalam model 4F (Fact, Feelings, Findings, dan Future)

Fact (Peristiwa)

Pembelajaran modul 3.1 ini dimulai pada tanggal 31 Februari 2023 dengan kegiatan pretest . Pada awal modul 3.1 di alur Mulai dari diri saya membuat refleksi diri tentang pemahaman dalam pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan, dan diminta mendalami studi kasus keterampilan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan yang kemudian dianalisa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Pada alur Eksplorasi konsep disediakan materi untuk dipelajari dan menganalisis satu contoh kasus yang tersedia untuk dijadikan materi diskusi dalam forum menu yang ada di LMS. Dalam modul ini saya mempelajari :
  • Empat (4) paradigma dilema etika yaitu Individu lawan kelompok (individu vs komunitas)Rasa Keadilan lawan rasa kasihan (keadilan vs belas kasihan), Kebenaran lawan kesetiaan (kebenaran vs kesetiaan), Jangka Pendek lawan jangka panjang (jangka pendek vs jangka panjang).   
  • Tiga (3) Prinsip pengambilan keputusan yaknii Berpikir berbasis hasil akhir (Ends Based-Thingking); Berpikir berbasis peraturan (Rule Based-Thingking); Berpikir berbasis rasa peduli (Care Based -Thinking).
  • Sembilan (9) langkah pengambilan dan pengambilan keputusan yaitu Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan; Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini; Kumpulkan fakta-fakta yang relevan; Pengujian benar atau salah; Pengujian paradigma bener lawan benar; Melakukan prinsip resolusi; Investigasi Opsi Trilema; Buat Keputusan; Tinjau lagi keputusan dan refleksikan.

Selanjutnya dalam alur Ruang kolaborasi yang dipandu oleh Ibu Elvira Talanipa selaku fasilitator, kami berdiskusi bersama rekan kelompok (CGP jenjang SMA)  untuk menentukan salah satu kasus  dilema etika yang pernah dialami yang kemudian dijadikan bahan dalam praktik pengambilan keputusan pada sesi berikutnya.  

Dalam alur Demonstrasi kontekstual kami melakukan wawancara beberapa pimpinan satuan pendidikan tentang praktik pengamblan keputusan yang selama ini  telah terapkan. Hasil wawancara ini dianalisis berdasarkan konsep yang telah dipelajari pada modul 3.1 ini, dan selanjutnya dijadikan sebuah refleksi atas praktik pengambilan keputusan dilema etika.

Alur berikutnya adalah Elaborasi pemahaman yang dilaksanakan secara sinkronus via google meet bersama instruktur untuk menguatkan pemahaman yang telah dipelajari  tentang konsep pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan.

Untuk alur Koneksi antar materi, kami menyusun keterkaitan antar materi pada modul 3.1 dengan modul - modul sebelumnya. Selain itu kami juga melakukan refleksi pemahaman terkait pengambilan keputusan bernilai kebajikan.

Alur yang terakhir yaitu Aksi nyata dimana kami diminta kembali melakukan praktik proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip, dan pengujian keputusan di satuan pendidikan masing-masing.

Feelings (Perasaan)

Dalam mempelajari materi modul 3.1 ini, saya merasa sangat bersyukur mendapat tambahan ilmu dan pengalaman dalam pengambilan keputusan, yang tentunya semakin bijak dalam menentukan sebuah keputusan yang tepat dan berdasar pada langkah-langkah atau proses pengambilan keputusan, paradigma, prinsip dan pengujian keputusan.


Findings (Pembelajaran)

Dengan ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dalam mempelajari modul 3.1 semakin menambah rasa percaya diri dalam membuat suatu keputusan, di mana sebelumnya dalam mengambil sebuah keputusan seakan masih bingung dan terkadang masih muncul keraguan dalam hati akan keputusan yang saya ambil. Setelah mendalami konsep langkah-langkah pengambilan keputusan akhirnya semakin memperkuat dalam menentukan keputusan yang tepat terhadap kasus dilema etika.


Future (Penerapan)

Sebagai pendidik tentu dihadapkan berbagai permasalahan yang muncul, dengan bekal ilmu dan pengalaman selama mempelajari modul 3.1 ini, hal yang akan saya lakukan ke depan sebelum mengambil keputusan adalah dengan pendampingan/identifikasi kasus, apakah termasuk kasus dilema etika atau bujukan moral. selanjutnya Selanjtnya menetukan paradigma dan prinsip, serta langka pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil dapat berdampak positif bagi murid.

Salam Bahagia 

Tergerak, Bergerak, dan menggerakkan.