Model 4F (Facts, Feelings, Findings,
Future)
1. Facts (Peristiwa)
Modul 3.3 Pengelolaan
program berdampak positif bagi siswa. Ini adalah paket modul terakhir untuk
calon guru di Angkatan 7 Kabupaten Kolaka Utara melalui LMS. Kegiatan dimulai
pada tanggal 15 Mei 2023 Mulai dari diri, dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep
dan pada alur Ruang Kolaborasi 1 tanggal 22 Mei 2023 dilanjutkan Ruang
Kolaborasi 2 dengan fasilitator ibu Elvira Talanipa. Kemudian dilanjutkan
dengan refleksi terbimbing dan Demonstrasi Kontekstual. Demonstrasi Kontekstual
merupakan rancangan program yang mempengaruhi siswa melalui pelaksanaan
langkah-langkah BAGJA. BAGJA berarti mengajukan pertanyaan, mengambil
pelajaran, mengeksplorasi mimpi, membuat rencana dan mengatur eksekusi. Setelah
demonstrasi terkait konteks selesai, dampak positif dari modul pemahaman
manajemen program 3.3 pada siswa. Kami CGP angkatan 7 Kabupaten Kolaka Utara
menjelaskan kaitan antar materi pada Modul 3.3. Modul ini memberikan penjelasan
tentang latar belakang judul dan kaitannya dengan modul sebelumnya. Kaitan
dengan materi sebelumnya pada modul 3.2 Pemetaan Aset Sekolah dalam Pengelolaan
Sumber Daya. Dimana aset milik sekolah harus dikelola dengan baik untuk
menggali potensi peserta didik agar tercapai maksimalisasi pendidikan sesuai
dengan karakter dan usia peserta didik, sebagaimana cita-cita Ki Hajar
Dewantara bapak pendidikan nasional. Aset sekolah meliputi modal manusia, modal
sosial, modal fisik, modal lingkungan, modal ekonomi, modal politik, modal
agama dan budaya.
2. Feelings (Perasaan)
Perasaan saya saat
mempelajari modul ini yaitu membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan
meskipun banyak tugas yang harus dikerjakan, Alhamdulillah, dapat terselesaikan
dengan tepat waktu. Jika pikiran diibaratkan sebuah gelas, berusaha saya
kosongkan supaya saya bisa menerima ilmu yang saya pelajari dari PGP ini. Saya
berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP
karena tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk
mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Adapun hal
yang menyedihkan adalah vicon terakhir kami dengan Fasilitator kami yaitu Ibu Elvira
Talanipa yang selama kami menjalani program guru penggerak selalu sabar dan
juga telaten membimbing kami dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun
kami belum pernah bertemu (tatap muka) dengan beliau secara langsung, akan
tetapi kedekatan beliau dengan kami, diibaratkan Ibu dengan anak.
3. Findings (Pembelajaran)
Modul 3.3 melengkapi
pemahaman saya bahwa program yang dirancang dan dibuat harus memuat contents Voice
(suara), Choice (pilihan) dan Ownership (kepemilikan) murid. Membuat program
yang berdampak pada siswa dilakukan melalui alokasi yang tepat dari sumber
daya/peluang yang dimiliki oleh sekolah. Pemetaan aset yang benar memudahkan
pengoptimalan program agar berjalan dengan lancar dan, tentu saja, membantu
meminimalkan hambatan. Optimalisasi aset yang tepat tentu akan memudahkan terwujudnya
visi dan misi sekolah. Modul ini juga akan menambah pengetahuan kita tentang
CGP dalam mengelola program yang mempengaruhi siswa melalui strategi MELR
(Monitoring, Evaluation, Learning and Reporting). Selain itu, kami juga
diajarkan pentingnya analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities,
Threats) dalam rencana program yang dibuat. Analisis SWOT ini juga berguna
untuk memitigasi risiko pelaksanaan program yang berdampak pada siswa di SMA
Negeri 1 Kodeoha. Modul pembelajaran 3.3 merupakan poin yang harus dimiliki
oleh kepala sekolah agar lebih kreatif, inovatif dan sinergis untuk
mengembangkan sumber daya yang ada di sekolah. Program yang dikelola dengan
baik mempengaruhi kemandirian belajar dan tentunya menghasilkan siswa yang
berprofil siswa pancasila.
4. Future (Penerapan)
Rencana ke depan dengan
materi yang diperoleh sebagai CGP dibagikan dengan rekan sejawat dan mengimplementasikannya menerapkan
apa yang saya pelajari di sekolah. Dalam penyusunan program yang direncanakan,
tentunya perlu dicantumkan contents voice (suara), choice (pilihan) dan
ownership (kepemilikan) murid. Saat menghadapi kendala, CGP sudah tahu
bagaimana meminimalisir risiko yang dihadapi.
Demikian Jurhal Refleksi Modul 3.3 ini disajikan dalam Tugas Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel yang lainnya.
Salam Bahagia
Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan
0 Komentar
Terima kasih atas kunjungannya
Emoji